Nutrisi Yang Membuat Perkembangan Otak Bayi Sangat Cepat

Apa yang ada ibu ingat mengenai nutrisi perkembangan otak bayi ? Kebanyakan akan menjawab omega 3. Karena memang yang sering di ekspos di media adalah omega 3. Lalu, apakah ibu tahu asam linoleat itu juga bagus untuk perkembangan otak? Banyak yang tidak tahu. Padahal, asam linoleat merupakan asam lemak juga seperti omega 3.

Ada bedanya? Tentu saja ada. Namun, fungsinya sama, yaitu untuk membuat perkembangan otak si kecil lebih optimal.

Asam Linoleat untuk Otak Bayi

Jangan terburu-buru dulu untuk mengetahui dari mana asam linoleat berasal. Yang pasti, mudah sekali untuk memberikan makanan yang ada kandungan asam linoleat ini. Namun, alangkah baiknya jika ibu ketahui dulu apa itu asam linoleat. Dengan demikian, ibu tidak hanya ikut-ikutan saja namun tahu persis mengapa asam linoleat itu sangat penting.

Asam linoleat itu juga disebut dengan omega 6. Ini merupakan asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ibu tahu mengapa? Karena tubuh manusia tidak bisa memproduksi asam lemak esensial ini.

Lalu, apa yang terjadi jika bayi kekurangan asam linoleat? Salah satunya adalah terhambatnya proses transportasi vitamin dan nutrisi di dalam tubuh. Akibatnya, bisa saja kondisi kesehatan bayi mengalami masalah.

Omega 6 merupakan jenis lemak tak jenuh yang memiliki peran untuk menghantarkan semua jenis nutrisi ke dalam tubuh. Makanya, kekurangan lemak ini sangat berbahaya.

Apakah ada kaitannya dengan perkembangan otak bayi? Tentu saja ada karena semua nutrisi disalurkan oleh lemak ini. Bahkan, asam linoleat ini memiliki peran khusus untuk perkembangan otak, yaitu untuk mengatur sistem saraf dan meningkatkan produksi sel. Jadi, sudah tahu kan mengapa asam linoleat ini penting? Tidak hanya penting untuk kecerdasan otak saja tapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

Nah, sekarang sampai pada hal yang paling penting. Makanan atau minuman apa yang menjadi sumber asam linoleat ini? Setidaknya ada tiga sumber utama omega 6 ini.

  1. ASI
  2. Ikan laut
  3. Minyak kacang kedelai

Sekarang ibu bisa cari inspirasi makanan apa yang sebaiknya ibu berikan untuk menunjang perkembangan otak si kecil. Yang pasti, berikan ASI ekslusif. Teruskan memberikan ASI hingga usia sang buah hati mencapai 2 tahun. Ini bukan hanya sekedar anjuran saja tapi lebih dari itu. Pasalnya, ASI ini sangat menentukan kecerdasan sang buah hati di kemudian hari nanti. Pasti ingin punya anak yang cerdas, bukan?

Perkembangan Otak Bukan Ditentukan Nutrisi Saja

Harus diakui bukan hanya nutrisi saja yang menentukan kecerdasan anak. Ada juga faktor lain. Sebut saja keluarga. Keluarga merupakan lingkungan yang paling dekat dengan anak. Bayi akan tumbuh menjadi anak yang cerdas jika ia berada di lingkungan keluarga yang baik.

Pertanyaannya sekarang adalah seperti apa lingkungan keluarga yang baik? Ini membutuhkan penjelasan yang sangat panjang.

Ibu pasti tahu sudah tahu perkembangan otak anak itu dipengaruhi oleh stimulus. Ini faktor eksternal yang penting selain faktor internal berupa nutrisi. Dan stimulus itu tidak lain harus diberikan oleh ibu sebagai orang tua. Waktu anak banyak dihabiskan di dalam rumah. Untuk itu, harus ada stimulus untuk meningkatkan perkembangan otak .

Apa itu stimuls untuk perkembangan otak? Setidaknya ada dua hal yang penting.

Yang pertama adalah stimulus berupa permainan edukatif. Tidak sulit kan untuk menemukan permainan edukatif. Ada banyak sekali jenis permainan edukatif di luar sana.

Apakah gadget termasuk permainan edukatif? Memang sudah ada banyak sekali game edukatif yang bisa dimainkan di gadget. Akan tetapi, sepertinya terlalu gegabah jika game di gadget dianggap sebagai permainan edukatif. Bagaimanapun juga, gadget cenderung membuat anak pasif. Dan ini bukan hal yang bagus untuk perkembangan otak dan juga perkembangan fisik sang buah hati.

Untuk bayi, sebaiknya ibu berikan permainan yang sesuai dengan usianya. Berikan mainan yang membuatnya bergerak. Contohnya saja bola kecil. Ini bagus untuk bayi usia sekitar 6-10 bulan. Kelihatannya mainan ini tidak ada kaitannya dengan perkembangan otak. Padahal jelas ada. Bayi belajar bagaimana menggenggam dan bagaimana melempar bola.

Hal yang kedua ini paling penting. Yaitu kasih sayang. Perkembangan otak bayi itu sangat berhubungan dengan psikis. Dan psikis bayi yang bagus itu dikarenakan adanya kasih sayang dari orang tua.

Pertanyaannya adalah seberapa besar ibu berikan kasih sayang kepada sang buah? Jika ibu masih sering bermain gadget sendiri dan membiarkan sang buah hati bermain sendiri, rasanya kasih sayang yang ibu berikan belum cukup banyak. Luangkan waktu kepada si kecil. Di saat itulah ibu memberikan kasih sayang yang begitu luar biasa.

Kualitas Tidur Menentukan Kecerdasan Otak Bayi

Selain nutrisi dan juga stimulus yang tepat, tidur juga bisa mencerdaskan otak bayi lho. Hanya saja, harus ibu pastikan juga bahwasannya si kecil memiliki tidur yang berkualitas. Ini bukan sekedar seberapa lama si kecil tidur.

Kualitas tidur itu diukur dari seberapa nyenyak bayi tidur. Jika selama satu malam ia tidak sering terbangun, itu artinya ia memiliki kualitas tidur yang bagus. Lain hal jika bayi sering bangun pada tengah malam dan menangis.

Makanya, jangan anggap selepe alergi atau masalah kesehatan sepele lainnya yang membuat bayi tidak bisa tidur nyenyak. Pastikan ibu mengatasi masalah tersebut. Buat bayi tidur nyenyak setiap malam karena itulah salah satu dari sekian banyak faktor perkembangan otak bayi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s